Selasa, 21 April 2020

Proses Terbentuknya Integrasi

Mantan KA UPTD
Proses integrasi tidak dapat terjadi begitu saja. Integrasi merupakan proses panjang dalam waktu lama. Terjadinya, proses integrasi suatu bangsa harus dilandasi suatu cita-cita atau tujuan yang sama. Dalam konteks bangsa Indonesia, integrasi harus berjalan secara alamiah. Maksudnya, integrasi harus berjalan sesuai keanekaragaman budaya bangsa dan harus lepas dari hegemoni dan donimasi peran politik etnik tertentu. Proses integrasi dilakukan melalui fase sosial dan politik. Ogburn dan Nimkof berpendapat bahwa integrasi melalui sebuah proses seperti bagan berikut;
 Proses integrasi tidak dapat terjadi begitu saja Proses Terbentuknya Integrasi
Bagan proses integrasi menurut Ogburn dan Nimkof

Proses-proses itu bisa juga berfungsi untuk meredakan dan mengendalikan konflik.
1. Akomondasi
Akomondasi adalah suatu proses ke arah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima oleh pihak yang terlibat konflik. Akomondasi terjadi pada orang-orang atau kelompok yang mau tidak mau harus bekerja sama walaupun dalam kenyataannya mereka berbeda paham. Tanpa akomondasi dan kesediaan akomondasi, pihak yang terlibat konflik tidak akan mungkin bekerja sama untuk selama-lamanya. Jadi, dengan adanya akomondasi integrasi bisa terwujud.

2. Kerja sama
Kerja sama merupakan perwujudan minat dan perhatian orang untuk bekerja bersama-sama dalam suatu kesepahaman. Kerja sama bisa dijumpai dalam masyarakat manapun, baik pada kelompok kecil maupun besar.

3. Koordinasi
Koordinasi adalah kerja sama yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terlibat konflik yakni pihak yang menang terhadap pihak yang kalah. Misalnya, saat pemilihan ketua partai politik. Dalam pemilihan itu, ada dua orang calon ketua. Setelah dilakukan pemungutan suara diperoleh satu calon ketua. Pemenang mengajak pihak yang kalah untuk bekerja sama demi keutuhan dan integrasi partai yang berkaitan.

4. Asimilasi
Asimilasi adalah proses sosial yang ditandai oleh adanya usaha mengurangi perbedaan yang terdapat antara orang per orang atau kelompok. Proses asimilasi ditandai dengan pengembangan sikap-sikap yang sama dengan tujuan mencapai kesatuan atau paling sedikit mencapai integrasi dalam organisasi, pikiran, dan tindakan.

Demikianlah ulasan mengenai “Proses Terbentuknya Integrasi”, yang pada kesempatan ini dapat kami bahas dengan singkat. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi yang membacanya...

*Rajinlah belajar, demi Bangsa dan Negara!!!
*Semoga anda sukses dan impian baik anda terwujud!!!